Wanita ini Berusia 130 Tahun



JIKA catatan kelahirannya benar, maka Sakhan Dozan adalah wanita tertua di dunia saat ini. Usia wanita yang berasal dari Kazhakstan itu 16 tahun lebih dibanding orang tertua di dunia yang dikenal saat ini.






Catatan kelahiran Dosova terungkap setelah pemerintah Kazhkstan melakukan sensus penduduk di daerah Karaganda sebalah timur Kazhakstan. Petugas denografi juga dikejutkan saat menemukan bukti bahwa dia pernah disensus untuk pertama kalinya pada pemerintahan Stalin pada 1926. Saat itu usianya 47 tahun.

Kepala biro statsitik departemen sosial dan demografi regional Karaganga, Nailya Dosayeva mengatakan, tidak diragukan jika klaim Dosova itu benar.

"Sakhan Dosova ditemukan saat dilakukan sensus mulai Februari dan Maret. Dia memiliki paspor tua dan dokumen yang masih asli. Berdasarkan itu kami yakin dia benar," kata Dosayeva seperti dikutip Telegraph.uk, Rabu (25/3/2009).

Ibu sepuluh anak itu, lahir pada 27 Maret 1879. Dosova mengaku semasa hidupnya menjauhi makanan yang manis-manis dan tentu saja dia jatuh dari dokter. Namun dia mengaku menyukai keju dan yoghurt. Selain itu rahasia awet mudanya adalah berselara humur yang tinggi.

"Saya tidak memiliki rahasia apa pun. Saya tidak pernah meminum pil jika sakit. Saya hanya menggunakan obat dari nenek saya untuk mengobati penyakit," katanya.

Dengan usia tercatat 130 tahun, itu berarti dia seangkatan dengan Stalin dan Albert Einstein. 1879, juga tahun saat Thomas Edison menemukan lampu bohlam.

sumber
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine