benarkah Aturan 8 Gelas Air Sehari Hanya Untuk Air Putih?

Kita sudah sering mendengar bahwa jika ingin sehat, maka kita harus menerapkan pola makan dengan gizi seimbang. Selain itu, kita harus banyak minum air putih setiap hari. Ukuran yang disarankan adalah 2 liter atau 8 gelas air putih sehari. Namun, benarkah 2 liter atau 8 gelas yang dimaksud semuanya adalah air putih?

"Setiap orang tahu bahwa kita memang harus minum sekitar dua liter cairan setiap hari," ujar Catherine Collins, Kepala Ahli Diet di St George's Hospital, London.

Namun di luar apa yang disarankan tersebut, sebenarnya yang dimaksud dengan cairan atau air minum juga termasuk sup, teh, kopi, bahkan bir; apa pun! Bentuk cairan yang lain ini akan membuat Anda buang air lebih banyak daripada yang Anda konsumsi.

Menurut Collins, kita juga bisa mengonsumsi 400 ml cairan dari lima porsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, yang kadar airnya bisa mencapai 95 persen. Bahkan, roti pun sepertiganya adalah air, sedangkan protein atau lemak dimetabolisasikan menjadi karbondioksida dan air.

"Saya sendiri minum teh dan kopi sepanjang hari di kantor, bersama dengan segelas anggur di rumah," lanjutnya.

Teh atau kopi memang memiliki manfaat kesehatan masing-masing. Namun, bila Anda tak yakin apakah cairan yang Anda minum akan menyehatkan, seperti bir misalnya, maka sebaiknya tak usah sering-sering mengonsumsinya. Bagaimanapun juga, air putih tetaplah pilihan yang paling baik.

Lihat cairan yg lebih 'berbau khas' di sini !

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine