Keajaiban Penciptaan Tubuh Kita

Pabrik Raksasa [SEL]
Tubuh kita terdiri atas triliunan sel. Jumlah ini tidak bisa disepelekan. Jelaslah satu triliun adalah jumlah yang begitu besar. Setiap tubuh manusia dewasa terdiri atas 100 triliun sel. Tetapi syukurlah sel-sel ini sangat kecil, sehingga tubuh kita tidak berukuran raksasa. Contoh-contoh yang akan kita berikan di sini akan membantu kalian untuk lebih memahami betapa kecilnya sel-sel itu. Ketika satu juta sel-sel tubuh kita berkumpul bersama, mereka menempati sebuah tempat yang tidak lebih besar daripada sebuah ujung jarum. Meskipun demikian kecil, bentuk sebuah sel tidak pernah bisa dipahami dengan sempurna.

Organ Terpanjang [Pembuluh Darah]
Tahukah Anda jika pembuluh darah kita diseluruh bagian tubuh bila dirangkai, panjangnya mencapai jarak antara bumi dengan bulan? Padahal jarak bumi-bulan itu sekitar 300.000km !!! Sumber lain mengatakan bahwa panjangnya mencapai 100.000km!! Bayangkan sendiri!!!

JARINGAN RAKSASA YANG MENGELILINGI TUBUH KITA
Pernahkah Anda bertanya pada diri sendiri tentang hal-hal berikut ini?
- Apakah saya harus bernafas sekarang?
- Cukupkah darah yang dipompa oleh jantung saya?
- Sel dan bagian tubuh saya yang manakah yang memerlukan energi dalam jumlah banyak?
- Kapan perut saya mulai mencerna makanan yang telah saya makan?
- Apakah cahaya yang memasuki mata saya telah pas jumlahnya?

Pertanyaan-pertanyaan ini terdengar aneh, bukan? Ini karena kita tidak pernah bertanya pada diri kita seperti itu. Bahkan, sebagian besar kita tidak pernah menyadari terus berlangsungnya proses-proses yang disebutkan dalam pertanyaan itu. Tubuh kita melakukan seluruh proses tersebut secara otomatis. Dan tubuh kita menggunakan jaringan syaraf untuk melakukannya. Jaringan ini terbentuk oleh persatuan triliunan sel syaraf, yang bisa kalian lihat di halaman-halaman buku ini. Kita dapat membandingkan jaringan syaraf ini, yang mencapai segala sudut tubuh kita, dengan jalan raya, seperti yang terlihat di gambar. Berkat jaringan ini, sel-sel di otak kita terhubung dengan sel otot di kaki kita, dan seluruh sel tubuh berkomunikasi satu sama lain. Akan tetapi, sistem syaraf kita memiliki sistem yang jauh lebih terpadu dibandingkan berkilo-kilometer jalan raya, yang memiliki banyak persimpangan dan jalan layang untuk kendaraan yang bergerak pada arah berlawanan. Seperti kendaraan yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain di jalan raya, begitu pula halnya impuls-impuls syaraf diantarkan di sepanjang jaringan syaraf pada tubuh kita. Impuls-impuls ini membawa pesan-pesan dari satu bagian tubuh ke bagian lainnya.

Organ Terlebar [ALVEOLUS]
Anda pasti tau kan Alveolus? Ya. Tempat bertukarnya oksigen dan karbondioksida di dalam paru-paru kita. Dan jika seluruh alveolus didalam paru-paru kita dijejerkan dan disusun semua maka akan memiliki luas seperti lapangan sepakbola Internasional!!! Bisakah Anda membayangkan bagaimana benda seluas lapangan disusun dalam tubuh kita??

[Pengunyah Terhebat] Gigi
Tahukan kalian, mengapa gigi kalian berbeda-beda bentuknya? Sebab gigi yang ada dalam mulut kita berbeda bentuknya adalah karena masing-masing gigi berbeda tugasnya. Misalnya, gigi depan kalian tajam, sehingga kalian bisa menggigit apel dengan mudah. Bagaimana jika gigi geraham kalian berada di depan? Benar. Kalian tidak akan bisa menggigit apel dengan geraham. Demikian pula halnya, jika gigi depan kita ada di belakang, kalian tidak akan bisa mengunyah makanan yang kalian makan. Seperti halnya bagian lain dari tubuh kita, gigi dalam mulut kalian juga telah diatur oleh Tuhan dengan susunan yang paling nyaman dan bermanfaat untuk kalian.

Materi Terkuat [Lambung]
pada saat kita makan dan makanan memasuki lambung,maka lambung akan mengeluarkan HCl yang pH nya 2-3. Asal anda tahu saja, asam dengan pH 2-3 itu dapat melubangi baja!!! kenapa dalam lambung kita tidak?? Tuhan Maha Besar

Tentara di dalam Darah [Sel Imun]
Setiap hari tubuh kita bertempur melawan banyak bakteri, virus, dan mikroba. Beberapa di antaranya dicegah memasuki tubuh, sedang beberapa lainnya berhasil masuk. Tetapi ada sel perlindungan khusus dalam tubuh kita untuk memerangi semua itu, yang disebut dengan sel kekebalan tubuh. Sel-sel ini, yang bisa dianggap sebagai tentara yang memerangi musuh dan melindungi tubuh kita dari bahaya, bergerak di dalam aliran darah. Kapan pun ada serangan musuh, mereka bisa mencapai bagian tubuh terkait melalui pembuluh darah dan dengan mudah memerangi musuh tersebut. Sel-sel kekebalan ini tidak belajar tentang misi yang mereka lakukan. Mereka telah mengetahuinya semenjak mereka ada. Mereka mulai melakukan tugas mereka dan melindungi tubuh ketika seorang bayi dilahirkan.

Cairan yang tak bisa ditiru [Darah]
Para ilmuwan telah melakukan banyak penelitian untuk memproduksi cairan yang mirip dengan darah. Akan tetapi, karena gagal, mereka pun menyerah untuk meniru darah dan memusatkan penelitiannya dalam bidang lain saja. Para ilmuwan tidak bisa meniru darah karena contoh darah yang diambil dari pembuluh darah akan segera menggumpal dan bentuk darah menjadi tidak cocok untuk penelitian. Tidak ada gunanya meletakkan contoh darah di dalam tabung gelas penelitian, karena sel darah tidak bisa bertahan lama dalam tabung. Oleh sebab itu, para ilmuwan harus memisahkan sel dalam darah dan menelitinya secara tersendiri. Tak diragukan lagi, adalah salah satu penjelasan yang paling tidak masuk akal dan tidak logis di dunia ini jika dikatakan bahwa zat yang begitu sempurna ini, yang tidak bisa ditiru dengan seluruh informasi yang telah dipelajari manusia selama bertahun-tahun, terjadi serta-merta dan karena kebetulan. Allah telah menciptakan darah sebagai zat yang tidak ada taranya. Sebuah sel darah yang memiliki banyak kemampuan menakjubkan hanyalah salah satu bentuk kebijaksanaan Allah yang tidak terbatas dalam tubuh manusia.

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine