PETMAN: Generasi Robot Militer Pertama Amerika Serikat



Dunia sudah lama mengenal konsep robot dari beragam film science-fiction dan video game yang lahir dari industri hiburan. Robot sering kali digambarkan dalam pencitraan yang mendekati manusia, dari bentuk, kepribadian, struktur gerakan hingga fungsi spesifik yang mampu dilakukan. Sayangnya, walaupun teknologi modern saat ini sudah terhitung maju, mewujudkan sebuah robot humanoid yang sempurna masih terhitung sulit untuk dilakukan. Ketika Jepang berusaha menghadirkan robot "manusiawi" yang lebih baik, sang negara sahabat Amerika Serikat ternyata punya persepsi yang berbeda tentang pengembangan teknologi robotik. Percaya atau tidak, negara superpower ini mulai mempersiapkan generasi pertama robot militer humanoid mereka.

Boston Dynamics, salah satu perusahaan yang bekerja di bawah DARPA (Defense Research Project Agency) Amerika Serikat memperkenalkan sebuah prototipe robot dengan nama sandi PETMAN. PETMAN yang diklaim dikembangkan untuk uji coba peralatan perang ini memang memesona. Bagaimana tidak? PETMAN dibangun dengan kemampuan adaptasi keseimbangan yang hampir menyerupai manusia. Ia dapat berjalan, berlari (hingga 7 km per jam), berbelok, mengendap, berbaring dengan sempurna berkat teknologi auto-balance yang mumpuni. Sebagian besar gerakan yang ia hasilkan juga terlihat mulus layaknya manusia.



Boston Dynamics sendiri mengakui bahwa mereka akan menyisipkan lebih banyak feature yang akan diadaptasikan di PETMAN di versi finalnya mendatang. Tidak hanya sekadar menambahkan kepala, mereka juga akan menyuntikkan kemampuan yang lebih menyerupai manusia, seperti keringat dan perubahan suhu tubuh. Walaupun tidak diakui secara terbuka sebagai perangkat militer, namun teknologi 26 juta USD yang tertanam di PETMAN menjadikannya sebagai kandidat "robot militer" pertama yang potensial. PETMAN mampu menirukan beragam gerakan standar prajurit dengan sempurna. Mereka hanya perlu menambahkan dan menyempurnakan mekanisme senjata di dalamnya untuk membuat robot yang selama ini hanya bisa kita saksikan lewat film sci-fi.

Apakah Amerika Serikat akan membangun pasukan robotnya yang pertama? Dengan investasi puluhan juta dollar yang dikucurkan untuk PETMAN, tidak tertutup kemungkinan bahwa kita memang sedang menjadi saksi sejarah untuk arah perang modern yang baru. Perang di mana robot menjadi senjata utama untuk peran yang lebih destruktif. Boston Dynamics sendiri sudah berencana untuk menyelesaikan PETMAN tahun 2012 mendatang dan akan menjadikannya sebagai salah satu basis militer AS secara langsung. Apa lagi yang kurang dari skenario ini? Sebuah kalimat ajaib: "Skynet has been activated".

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine