Situs Jejaring Sosial Islami

MosqueLife: Nuansa Baru Jejaring Sosial Islami

"Anda menyukai Facebook? Anda mencintai al-Qur'an ? Jika ingin mewarnai Facebook dengan al-Qur'an, ada TOOL yang memudahkan ..."

Maraknyaperkembangan dunia internet telah menghasilkan banyak aplikasi yangmampu menjalin hubungan sosial antar pengguna internet. Sebut sajasitus jejaring sosial facebook yang saat ini lagi sangat booming ditengah pengguna internet dunia.

Tidak sedikit umat Islam mencobamembuat nuansa baru dalam dunia jejaring sosial dengan membuat situsjejaring sosial 'Islami'. Tercatat ada nahnumuslim.com, ruangmuslim.comdan masih banyak lagi situs sejenis yang dibuat kalangan Islam untukumat Islam dalam rangka meramaikan dunia jejaring sosial di internet.

Danhari ini, situs jejaring sosial muslim asli Indonesia kembali dirilis.Dengan tajuk MosqueLife, situs jejaring sosial ini menampilkan nuansabaru dan beda dari situs jejaring sosial sejenis. Nuansa baru dalamsitus jejaring sosial MosqueLife adalah adanya fasilitas check-in keAl-Quran. "Have you Check-In to al-Qur'an today? Lets commit a time toread, understand and practise al-Qur'an...," terpampang di halamanutama Mosquelife.

Eka Budhi Suprasetiawan yang lebih dikenalsebagai Eko BS, dalam obrolannya dengan Eramuslim.com mengatakan bahwasitus jejaring sosial buatan dirinya dan rekan-rekannya ini lebihmemfokuskan kepada pentingnya Check-in ke Al-Quran. Dan menegaskanbahwa situs MosqueLife mencoba mengikuti tren popularitas check-inseperti layanan yang disediakan oleh situs Foursquare.

"Sebenarnyalayanan ini kami hadirkan untuk mewarnai Facebook dengan konten yangmenyegarkan," kata Eko BS, dalam salah satu wawancara dengan VIVANewsbeberapa waktu yang lalu.

Kelebihan MosqueLife adalah adanyafasilitas untuk Check-in ke Al-Quran sehingga dengan fasilitas tersebutdapat membantu para Facebooker saling berbagi ayat-ayat Al-Quran kepadarekan-rekan mereka setiap hari, selain Facebooker dapat melihatayat-ayat apa saja yang sedang hangat dibahas.

Menggunakan situsMosqueLife ini cukup mudah, para pengguna yang telah memiliki akunFacebook tinggal login ke MosqueLife menggunakan akun Facebooknya. JikaFacebooker dalam membaca ayat-ayat Al-Quran dan menemukan ayat yangmenurutnya menarik untuk di share kepada rekan-rekannya, ia tinggalmenekan tombol Check-In. Otomatis ayat Al-Quran tersebut akan dibagikanke rekan-rekan Facebook lewat wall si pengguna.

Untuk saat iniMosqueLife baru bisa dimanfaatkan oleh pengguna PC Desktop ataunotebook, namun kedepannya bisa juga diakses secara mobile lewatsmartphone dan versi mobile-nya masih dalam tahap pengembangan.

"Visikedepannya, MosqueLife akan mencoba menyatukan masjid-masjid dalamkolaborasi lintas organisasi bahkan lintas negara," kata Eko BS kepadaEramuslim.com.

MosqueLife.com adalah bagian dari proyek MuslimInformation Technology Association (MIFTA) dalam melahirkan 500enterpreneur IT. Proyek ini dikelola oleh Ketua Umum MIFTA Dedy Rahman.(fq)

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine