Inilah Diet Aneh Ala Steve Jobs

Mendiang Steve Jobs meninggalkan warisan revolusioner di bidang teknologi. Terlepas dari sejarah fenomenal yang dia ukir, Jobs dikenal sebagai pesohor dengan sejumlah kebiasaan aneh selama hidupnya. Dalam biografi yang ditulis Walter Isaacson, ada beberapa perilaku aneh mantan petinggi Apple Inc. ini, mulai dari diet ketat yang dia lakukan hingga soal kebersihan pribadinya.
diet steve jobs

Misalnya saja, salah satu kebiasaan favorit Jobs untuk menghilangkan stres kala membangun Apple adalah merendam kaki telanjang dalam toilet di kantor. Kebiasaan makan Jobs tak kalah unik. Ini dia diantaranya, seperti dimuat MSNBC.

Diet apel-wortel

Biografinya merinci kecenderungan Steve Jobs yang hanya makan satu atau dua makanan saja, seperti wortel atau apel selama berminggu-minggu. Ahli diet Elisa Zied mengungkap pendapatnya soal ini. "Meskipun apel dan wortel menyehatkan dan menyediakan karbohidrat, dua buah ini memiliki protein yang sangat sedikit. Tidak seperti lemak dan karbohidrat, protein tidak dapat disimpan dalam tubuh, jadi penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya protein yang cukup setiap hari," jelas Zied, yang juga menulis buku "Nutrition at Your Fingertips".

Protein memberikan energi bagi tubuh dan membantu mempertahankan jaringan otot, memperlancar metabolisme dan mempertahankan massa tubuh. Tapi, jika tidak mengasup protein yang cukup, katanya, tubuh bakal kehilangan asam amino esensial untuk mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Kelemahan lain diet ini adalah kurang asupan lemak. Tanpa lemak, Zied menjelaskan, tubuh akan terkikis habis. "Akan terasa menyakitkan terutama pada bagian kulit. Anda akan merasa lebih sering kedinginan dan tubuh rentan cedera. Sangat berisiko bagi mereka dengan penyakit kronis."

Fruitarianisme

Jobs juga lama menjadi fruitarian--sebuah kategori vegan yang hanya makan buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, tanpa produk hewani apapun. Meski jenis diet ini tetap mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang sangat sehat, tapi Zied memperingatkan, ada nutrisi penting yang mungkin hilang. "Jenis diet ini sangat terbatas karena menghilangkan susu dan tidak mengandung lemak cukup, kecuali mengasup kacang-kacangan dan biji-bijian dalam jumlah besar," katanya. Namun umumnya kemampuan makan seseorang tak sesuai kebutuhan tubuh.

Veganisme

Jobs percaya, komitmen menjadi seorang vegan akan menghindarkan dirinya dari produksi lendir berlebih dan membebaskannya dari bau badan. Karena itu, ia merasa tak perlu memakai deodoran atau terlalu sering mandi. "Kurangnya asupan protein dalam diet vegan menghalangi proses detoksifikasi tubuh. Ini dapat menyebabkan bau badan bahkan lebih menyengat," kata JJ Virgin, pakar nutrisi. Lendir yang biasanya muncul pada orang yang sakit, sebetulnya bisa diatasi dengan perubahan pola makan.

Rahasia berpuasa

Jobs juga kerap berpuasa untuk memunculkan perasaan bahagia pada dirinya. Menurut ahli, kemungkinan besar, Jobs mengalami ketosis--perasaan euforia ringan yang terasa setelah berpuasa. Ketika Anda makan secara normal, glukosa menjadi sumber energi utama tubuh. Namun saat berpuasa, tubuh akan menciptakan bahan kimia kecil yang disebut keton yang mengganti glukosa. Inilah yang digunakan sebagai energi bagi sel-sel tubuh.

"Jika tubuh menghasilkan keton lebih dari yang dibutuhkan untuk menciptakan energi, akan terjadi kondisi berbahaya yang disebut ketosis," kata Zied. "Hal ini membuat tubuh kehilangan natrium dan air, dan dapat berkontribusi pada rasa mual, kelelahan dan lemas."

Sumber : kosmo.vivanews.com
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine