Virus Ini Ubah Ulat Jadi Zombie Menakutkan

Layaknya plot film horor, terdapat virus yang mampu mencuci otak ulat dan memaksa hewan ini naik pohon dan mengubahnya menjadi bahan pekat. Bagaimana?

Ilmuwan Penn State University menemukan gen tunggal yang membuat virus mampu mengeluarkan perilaku gelapnya. Ulat biasanya kembali ke tanah untuk bersembunyi setelah makan daun.

Namunbaculovirus memprogram ulang ulat agar tetap berada di pohon, melelehkannya kemudian masuk ke dalamnya untuk menginfeksi lebih banyak makhluk lain.

Dalam artikelnya di Science, peneliti Kelli Hoover mengatakan, saat ulat senang dan sehat, mereka bisa naik ke pohon di malam hari untuk makan daun.

"Kemudian, ulat kembali ke tanah di pagi hari untuk bersembunyi dari predator. Ketika ulat terinfeksi dan kondisi makin parah, ulat tetap di atas pohon dan mati di sana. Terdapat gen lain pada ulat yang membuatnya meleleh sehingga menjadi kolam jutaan partikel virus yang kemudian menetes di dedaunan di bawahnya untuk menginfeksi hewan lainnya," paparnya.

Tim peneliti menemukan, gen yang bertanggung jawab mengendalikan ulat ini disebut egt.

Dalam pengujian seperti dikutip Dailymail, efek zombie dapat dihentikan melalui penghapusan gen dari virus. Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine