Video Detik-Detik Mengerikan Dibalik Kematian Gaddafi






Gambar Mengerikan dari Muammar Gaddafi yang penuh dengan noda darah dan kelihatan sudah sangat pasrah terlihat lemas dan menjadi bulan-bulanan para pejuang NTC yang marah. Hanya matanya yang berkedip-kedip dengan raut wajah penuh kesakitan. Gambar tersebut dengan cepat beredar di seluruh dunia. Setelah itu yang terdengar hanyalah kabar kematiannya yang begitu dramatis di beranda tanah kelahirannya, Sirte.
Penyebab kematiannya masih belum jelas dan simpang siur. Tapi rekaman, saat-saat terakhir kehidupan Gaddafi, dan hasil wawancara media independen memberikan beberapa petunjuk apa yang terjadi sebenarnya.
Gaddafi masih hidup ketika ia ditangkap di dekat Sirte. Dalam video tersebut, direkam oleh seorang pengamat di tengah kerumunan dan kemudian disiarkan di televisi di seluruh dunia, Gaddafi ditampilkan diseret rambutnya dari kendaraan yang akan mengangkutnya ke Misrata dan dilempar ke tanah.
"Biarkan dia hidup, biarkan dia tetap hidup!" seorang komandan berteriak mencegah penghakiman masa oleh pejuang NTC. Tiba-tiba kondisi semakin tidak terkendali, dan penghajaran terhadap Gaddafi semakin brutal. Sedetik kemudian, kamera tiba-tiba dimatikan.
"Sebenarnya, mereka menangkapnya hidup-hidup dan akan dibawa pergi ke Misrata, tetapi entah kenapa mereka semua memukulinya dan kemudian mengakhirinya dengan dua tembakan di perut dan belakang kepala," satu sumber senior di NTC kepada Reuters.
Berita ini tampaknya bertentangan denganyang dirilis oleh pihak berkuasa saat ini (Dewan Transisi Nasional Libya). Gaddafi dikabarkan tewas ketika baku tembak dengan pejuang NTC.
Di sekitar area tertangkapnya Gaddafi kondisinya lebih mengerikan. Terlihat seolah-olah sebagai ladang pembantaian belaka, itu menggambarkan betapa mengerikannya saat-saat terakhir Gaddafi.
Sesaat sebelum subuh pada hari Kamis, Gaddafi, beserta beberapa selusin pengawal setia dan disertai oleh Abu BakarYounis Jabr dan sekitar 50 sisa pasukannya, berusaha memecah pengepungan, dan akan melarikan diri kearah barat .
Tapi mereka tidak bisa melangkah lebih jauh. Prancis (reuters) mengatakan pesawatnya menghantam kendaraan militer milik pasukan Gaddafi dekat Sirte pada sekitar 8:30 pada hari Kamis, namun tidak yakin apakah serangan telah membunuh Gaddafi atau tidak.
Sekitar dua mil barat Sirte, 15 truk pick-up bersenapan mesin berat terlihat terbakar, hancur dan membara di samping sebuah stasiun listrik beberapa 20 meter dari jalan utama.
Tapi apabila dikatakan Gaddafi dan pengawal-pengawalnya tewas akibat pengeboman, hal itu sangat diragukan karena tidak ada kawah bom, di area sekitar tertangkapnya Gaddafi. Kemungkinan besar, mereka di gempur melalui helikopter.
Di dalam pick-up yang terbakar, masih dalam kursi mereka duduk sisa-sisa kerangka hangus dari para pengemudi dan penumpang yang tewas seketika akibat penyergapan. Badan-badan lainnya berbaring termutilasi dan hancur berserakan di rumput. Sekitar 50 mayat hancur lebur terserak disekitar area pembantaian.
Gaddafi sendiri dan segelintir anak buahnya lolos dari kematian dan tampaknya melarikan diri melalui pepohonan menuju jalan utama dan bersembunyi di dua pipa drainase.
Tetapi sekelompok pejuang NTC mengejarnya. "Pada awalnya kami menembaki mereka dengan senjata anti-pesawat, tapi tak ada satupun yang bisa menghentikan Gaddafi dan beberapa pengawalnya," kata Salem Bakeer.
"Salah satu pengawal Gaddafi keluar melambaikan senapan ke udara dan berteriak menyerah, namun langsung diberondong oleh sekumpulan pejuang NTC sehingga tubuhnya hancur," katanya kepada Reuters.
"Lalu kami menemukan dia di sini dan terluka", kata Bakeer, sambil tangannya menunjuk gorong-gorong.
"Kami masuk dan keluar menyeret Gaddafi". Dia hanya bisa berkata lirih." Apa yang terjadi? Apa yang salah dengan negeri ini. Apa yang terjadi?? ". Lalu kami membawa dia dan menempatkan dia di mobil untuk kami bawa ke Misrata," kata Bakeer.
"Pada saat tertangkap, Gaddafi sudah terluka dengan tembakan ke kakinya dan punggungnya", kata Bakeer.
"Kepala Angkatan Darat di masa Gaddafi Abu BakarYounis Jabr awalnya juga ditangkap hidup-hidup dan hanya terluka di lengannya kena serpihan peluru", kata Bakeer. Tetapi tiba-tiba Pejabat NTC kemudian mengumumkan ia sudah mati. Kemungkinan Abu BakarYounis Jabr dieksekusi dijalanan.
Kabel listrik jatuh menutupi sebagian pintu masuk ke pipa drainase, dan didalamnya ada tiga mayat terbujur, tampaknya para pengawal setia Gaddafi yang sempat melarikan diri. Salah satu pengawal terbaring di pintu masuk ke salah satu ujung, kepalanya pecah berantakan.
Empat mayat sisanya tergeletak di ujung pipa. Semua laki-laki kulit hitam, dua orang terlihat kepalanya pecah dan otaknya berhamburan. Di sebelahnya juga nampak pengawal lainnya yang kepalanya terpenggal. Dari bentuk penggalannya yang rata, jelas itu bukan diakibatkan oleh peluru. Sekitar 2 meter berikutnya, satu orang pria lain telah dipenggal, kepalanya berambut gimbal tergeletak di samping tubuhnya.
Rekaman video menunjukkan Gaddafi, lemas, pasrah dan terluka, tapi masih jelas bahwa dia masih hidup pada waktu ditangkap. ( AFP) Seorang juru bicara NTC di Benghazi, Jalal al-Galal, mengulang pernyataan dokter yang memeriksa Gaddafi ketika ia tiba di Misrata menemukan dia telah ditembak di kepala dan perut. Ini menguatkan dugaan bahwa Gaddafi dan sisa pengawal setianya di eksekusi dijalanan. Sungguh tragis.
Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine