Jangan Heran Melihat Kereta Naik Motor Di Sumatera Utara

Kereta Naik Motor

Angkutan umum di Sumatera Utara memang sudah membuat saya terkagum-kagum, mlongo, bahkan membuat kepala bergeleng. Sesuatu hal yang jarang bahkan tidak dijumpai di Pulau Jawa. Pertama jelas karena cara mengemudinya yang luar biasa. Mata yang semula ngantuk jadi melek lebar. Gimana nggak? Jalan yang meliuk-liuk naik-turun seperti itu aja dilibas terus tanpa ampun. Kedua, manusia yang dibawa. Kalau penumpang nggak bisa masuk seluruhnya dalam angkutan, mereka rela naik di atas angkutan ataupun bergelantungan di bagian belakang angkutan. Ketiga adalah barang yang dibawa. Saat perjalanan saya dari Medan ke Kabanjahe, angkutan yang saya naiki membawa beberapa lembar plat besi dengan ukuran yang cukup lebar, selebar badan angkutan elf tersebut. Yang lebih mencengangkan lagi, tidak sedikit dari angkutan-angkutan ini juga memuat kereta di atasnya. Ya, kereta! Orang-orang Sumut memang biasanya menyebut sepeda motor dengan kereta, dan menyebut mobil dengan nama motor. Hehe.. Pemandangan ini sangat lumrah ditemui.

Nggak kebayangkan gimana berbahayanya. Gimana kalau misalnya dikombinasikan. Angkutan membawa barang berlebihan seperti sepeda motor, penumpangnya juga berlebihan sampai naik di atas angkutan atau bergelantungan di bagian belakang, dan ditambah lagi dengan sopir yang ugal-ugalan. Pasti ini menjadi kombinasi yang sangat sempurna. Hohoho.. Tapi herannya, nggak ada polisi yang menilang tuh. Coba deh kalau di Jawa pasti udah jadi santapan empuk. Lha wong mobil pribadi dengan penumpang berjubel di dalam saja bisa ditilang kok dengan alasan melebihi kapasitas. Yah tapi inilah Sumatera Utara, hal-hal seperti ini menjadi bagian yang tak terlupakan dalam perjalanan di Sumatera Utara.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine