Ilmuwan Temukan Seni Lukis Pertama Dunia

Tak disangka, 'bengkel' seni lukis berisi peralatan lukis dan 'ekstrak' untuk mencampur beberapa cat pertama dunia berasal dari 100 ribu tahun silam. Seperti apa?





Tim arkeolog Afrika, Eropa dan Amerika Serikat (AS) menemukan bukti tersebut di Blombos Cave yang terletak 322km timur Cape Town, Afrika. Dalam gua, para ahli ini menemukan batu untuk menumbuk dan menghaluskan kotoran yang kaya karbon oksida menjadi bubuk berwarna coklat kemerahan yang dikenal sebagai ocher.

Selain itu, para arkeolog ini juga menemukan kulit abalone raksasa untuk tempat mencairkan cat, mengaduk dan menyendoknya menggunakan spatula tulang. Sebelumnya, tak ada bukti pembuatan cat ditemukan lebih dari 60 ribu tahun.

Temuan ini sendiri membawa kembali pada saat Homo Sapiens modern mulai menggunakan cat untuk membuat simbol dan dekor. Temuan ini menunjukkan, manusia awal mulai mengembangkan kemampuan konseptual bahkan pada 100 ribu tahun silam.

Dalam artikel yang diterbitkan di jurnal Nature, ilmuwan mengatakan seperti ditulis UPI, temuan ini menandai 'sebuah pengukuran dalam evolusi kognisi manusia yang rumit'.

Lihat yg lebih 'menarik' di sini !

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine