Bukit Bintang, Gunung Kidul

Bukit Bintang, Gunung Kidul atau yang juga dikenal dengan nama Bukit HargoDumilah adalah sebuah kawasan wisata perbukitan yang terletak sekitar 20 km sebelah timur kota Yogyakarta. Kawasan ini memang tidak begitu luas, terletak di ruas jalan di lereng bukit. Tetapi apabila anda melewati wilayah ini, mata anda niscaya akan terpukau oleh pemandangan yang teramat mempesona dan menakjubkan. Anda akan bisa memandang kota Yogyakarta dari berbagai penjuru, indahnya pegunungan dan juga indahnya matahari di kala senja.


Awlanya, kawasan ini hanya tempat persinggahan sementara bagi para pengendara sepeda motor maupun mobil yang lewat lokasi ini untuk melepas lelah sambil menghirup udara segar dan menikmati pemandangan. Semakin hari kawasan ini semakin ramai disinggahi para pengendara, terutama pada pagi dan sore hari. Kondisi ini menjadi perhatian serius pemerintah setempat. Kini kawasan HargoDumilah menjadi kawasan ramai dan nyaman untuk disinggahi.

Masyarakat sekitarpun cepat memanfaatkan kondisi ini dengan mendirikan warung - warung makanan dan aneka jajanan lainnya. Sehingga wilayah ini kini ramai dan layak di jadikan lokasi wisata alam dan wisata kuliner. Wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara pun banyak berdatangan untuk melihat Yogyakarta dari perbukitan. kawasan ini ramai dikunjunmgi pada malam minggu dan malam tahun baru. Orang - orang biasanya menanti - nantikan saat dilepasnya ribuan kembang api secara bersamaan di kota. Dari Bukit Bintang, semua kembang api itu kelihatan seperti malaikat yang baru lahir membawa kabar bahagia tahun yang baru.


Hargodumilah adalah salah satu tempat wisata alternatif yang dapat menjadi pilihan anda untuk menghilangkan kepenatan setelah seharian bergelut dengan beragam aktivitas keseharian. Dari kawasan ini, anda dapat menyaksikan beragam pemandangan alam yang mempesona dan menghirup udara perbukitan yang segar. Jika anda berkunjung atau singgah sejenak di kawasan ini pada pagi hari yang cerah, anda akan melihat pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing berdiri tegak memamerkan pesonanya dari kejauhan.

Menanti sunset di atas Kota Yogyakarta di kala senja menyapa merupakan pemandangan yang sayang untuk anda lewatkan. Sesaat setelah sang surya terlelap di peraduannya, anda akan merasa berada di puncak kahyangan ketika sedang menyaksikan kerlap - kerlip Kota Yogyakarta.

Nilai plus dari Hargodumilah adalah adanya sejumlah warung makan sederhana yang menawarkan beragam menu seperti mie instant, es degan atau es kelapa muda, jagung bakar, bakso, dan soto. Selain harga menu yang ditawarkan terjangkau, warung - warung tersebut juga menjadi tempat strategis yang memungkinkan para pengunjung untuk bersantai lebih lama tanpa merasa canggung. Warung - warung tersebut sengaja dirancang menghadap ke alam bebas sehingga pengunjung dapat menyaksikan beragam pemandangan sambil duduk menikmati hindangan makanan atau minuman yang disediakan.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dalam suasana yang lebih mewah, di kawasan wisata Hargodumilah juga tersedia sebuah restoran yang lengkap dengan penginapannya. Di restoran ini, anda dapat duduk manis di kursi empuk dengan meja marmer sambil menikmati suguhan makanan lezat dan menyaksikan Kota Yogyakarta.

Selain itu, Hargodumilah dapat menjadi pilihan anda bersama keluarga, sahabat, maupun teman dekat anda sebagai tempat alternatif untuk menanti detik - detik pergantian tahun. Dari kawasan ini, anda akan terkagum - kagum menyaksikan warna - warni kembang api menerangi langit Kota Yogyakarta yang berpadu gemuruh suara ledakan kembang api di udara dan bunyi terompet.

Pada pesta kembang api malam itu, anda tidak saja menyaksikan keindahan pancaran cahaya warna - warni kembang api, tetapi juga beragam bentuk kembang api seperti bentuk bunga, air mancur, komet, bintang galaksi, maupun bentuk planet.

AKSES MENUJU LOKASI

Hargodumilah terletak sekitar 20 km sebelah timur Kota Yogyakarta dan sekitar 700 meter sebelum stasiun Radio GCD FM Patuk Gunungkidul atau tepatnya sebelum Tugu Perbatasan antara Bantul dan GunungKidul. Kawasan ini dapat dicapai dengan menggunakan angkutan umum maupun pribadi. Dari arah Kota Yogyakarta, anda dapat mengambil bis jurusan Yogya - Wonosari di terminal Giwangan atau di Perempatan Ring Road Timur. Bis tersebut akan mengantar anda menyusuri jalan raya Yogya - Wonosari hingga ke Pertigaan Piyungan kemudian mengikuti jalanan naik menanjak dan melalui tikungan Bokong Semar. Hargodumilah terletak lebih kurang 1 km dari Bokong Semar.


Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi dan belum pernah melewati jalan ini disarankan untuk ekstra hati - hati karena jalanan penuh tanjakan dan berkelok - kelok, terutama dari Pertigaan Piyungan hingga ke lokasi. Anda disarankan untuk tidak sembarangan mendahului pengendara lainnya dan harus menyalakan lampu utama. Yang tak kalah pentingnya yang harus anda perhatikan adalah menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan anda, terutama bis atau truk, karena bisa saja kendaraan tersebut mundur dan melindas anda.

FASILITAS

Akomodasi dan fasilitas yang tersedia di kawasan Hargodumilah di antaranya warung makan mulai dari yang sederhana hingga restoran mewah, kamar mandi umum, dan tempat parkir yang luas. Bagi pengunjung yang ingin bersantai lebih lama, di kawasan ini juga tersedia tempat penginapan. Pengunjung yang ingin menikmati pemandangan dan kesejukan udara perbukitan Hargodumilah tidak dipungut biaya, kecuali biaya parkir sebesar Rp 2.000,00.

Yogyakarta memang tetap istimewa....

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

Copyright © 2010 • Se Ha Ti • Design by Dzignine